Label:

Terlambat Sekolah? Ini Sanksinya



      Dengan disiplin kita pasti bisa menjadi orang sukses. Dengan disiplin kita bisa belajar untuk menghargai tata tertib. Namun, apalah arti disiplin tanpa kesadaran pada diri kita sendiri? Tanpa disiplin, bagaimana nasib dunia ini? Disiplin adalah tonggak menuju kesuksesan, seperti apa yang dikatakan oleh Jim Rohn, “Sukses tidak ada apa – apanya dibanding dengan beberapa sikap disiplin.”

            Pada tahun ajaran kali ini, pelaksanaan disiplin di SMAN 3 Jombang dinilai menurun dibanding dengan tahun ajaran sebelumnya. Catatan – catatan pelanggaran tata tertib terus berdatangan setiap hari. Kita ambil satu contoh pelanggaran tata tertib yaitu keterlambatan siswa di SMAN 3 Jombang. Berbagai alasan keterlambatan siswa timbul, antara lain kemacetan, rumah jauh, atau bahkan terlambat bangun tidur.




            Berbagai sanksi diberikan untuk siswa agar tidak terlambat berangkat sekolah. “Sanksi yang sering adalah mengelilingi lapangan, pernah juga saya menyuruh siswa yang terlambat agar mendorong sepeda dengan cara mundur, dan bagi siswa yang terlambat sebelum masuk kelas untuk mengikuti pelajaran diwajibkan meminta ijin ke guru piket.” Tutur Pak Dwi Sunanto, S. Pd. selaku Waka Kesiswaan SMAN 3 Jombang yang akrab dipanggil Pak Totok ini. Namun tetap saja para siswa tidak jera dengan sanksi – sanksi tersebut. Jika pihak sekolah sudah tidak sanggup menghadapi siswa yang tidak jera dengan sanksi-sanksi tersebut, maka akan dikembalikan ke orang tua.  Fakta membuktikan sudah ada lebih dari delapan siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 pindah dari SMAN 3 Jombang dikarenakan berbagai alasan mengenai tata tertib dan masalah – masalah individu tersendiri.

            Pelaksanaan kedisiplinan waktu untuk menutup gerbang parkir tentunya telah dilaksanakan oleh karyawan – karyawan SMAN 3 Jombang. Sekolah mempunyai dua gerbang, yaitu gerbang utama dan gerbang parkir. Jika terlambat, maka siswa akan masuk gerbang utama dan disambut oleh Pak Totok dan guru piket lainnya karena gerbang parkir telah ditutup. “Tidak ada toleransi untuk siswa yang terlambat, lima menit setelah bel berbunyi, gerbang akan segera ditutup.” Tutur Pak Ismanu Hadi Narwoko selaku karyawan SMAN 3 Jombang yang akrab dipanggil Pak Manu ini.-RAS

0 komentar:

Posting Komentar

_

Pages