Label:

Dibalik Tertibnya Upacara Bendera


Hai hai hai sobat plasma, we meet again....

Kali ini kita akan membicarakan apa??? yak benar, tentang "U-PA-CA-RA BEN-DE-RA", Upacara bendera adalah tindakan dan gerakan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib serta disiplin. Upacara bendera betujuan untuk memperolah suasana yang khidmat, tertib, dan menuntut pemusatan perhatian dari seluruh peserta, serta menjadikan sekolah memiliki situasi yang dinamis dalam segala aspek kehidupan bagi para siswa, guru, pembina dan kepala sekolah. Sehingga sekolah memiliki daya kemampuan dan ketangguhan terhadap gangguan-gangguan negatif baik dari dalam maupun luar sekolah, yang akan dapat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah, selain itu upacara dapat digunakan untuk memupuk jiwa nasionalisme terhadap bangsa. Nah, sudah tau kan apa itu upacara bendera.
Setiap hari Senin di sekolah kita tercinta, yang lebih tepatnya SMAN 3 Jombang, selalu mengadakan upacara bendera, selain diadakan pada hari Senin upacara bendera juga diadakan di hari-hari besar nasional mulai pukul 06.30-selesai, dengan petugas upacara dari ekstrakulikuler paskibraka dan diikuti oleh setiap siswa SMAN 3 Jombang. Upacara bendera biasanya dilakukan dengan khidmat, namun jangan dikatakan upacara bendera selalu sempurna, pasti ada yang tidak disiplin, salah satu contohnya adalah bermain handphone, lebih tepatnya SMS-an.


SMS-an merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dimata remaja, setiap siswa bisa ber-SMS ria, tak terkecuali disaat upacara bendera. ber-SMS dapat dilakukan untuk menghapus kebosanan di saat melakukan upacara bendera, khususnya disaat upacara berlangsung sangat lama dan matahari sedang terik-teriknya. Dari puluhan responden yang ada di SMAGA, inilah hasilnya.


63,33% memilih disiplin saat upacara.

10% siswa memilih SMS sebagai alat untuk menghilangkan kejenuhan 

6,67% memilih tidak mengikuti upacara

20% golput (tidak mengikuti upacara, tidak ber-SMS ria, tidak disiplin saat upacara) 

Ya, siswa SMAGA patut diacungi jempol karena lebih banyak memilih disiplin saat upacara. Nah, apakah anda termasuk siswa yang tak disiplin saat upacara?, tidak kan?. Intinya mari kita tingkatkan disiplin siswa dalam kegiatan upacara bendera agar dapat terbentuk daya kemampuan dan ketangguhan terhadap gangguan-gangguan negatif baik dari dalam maupun luar sekolah serta kobarkan semangat nasionalisme!.-MAF

0 komentar:

Posting Komentar

_

Pages