Label:

Kunjungan ke PT. Sinar Sosro Mojokerto


14 Maret 2013, SMAN 3 Jombang berkesempatan mengunjungi PT. Sinar Sosro Mojokerto, salah satu pabrik pembuatan teh botol dari 10 pabrik Sosro yang ada di Indonesia. Bersama SSC dan perwakilan sekolah lain, kami berangkat dari Jombang menuju Mojokerto pukul 10.00. Di dalam bus, kami sudah dijamu dengan Fruit Tea, salah satu produk dari Sosro.

Tidak hanya itu, sesampainya di pabrik, kami sudah disambut oleh petugas PT. Sinar Sosro yang akan memandu kami dalam kunjungan tersebut. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah ruang lobby, dimana sudah dipajang berbagai hal mengenai teh, baik sejarah, penyebaran, dan jenis-jenisnya. Kemudian seluruh siswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui lebih banyak lagi terkait proses pembuatan teh botol Sosro dari tayangan yang sudah disiapkan. Hal tersebut membuat kami semakin penasaran dengan alat-alat yang digunakan serta prosesnya secara langsung.




Ya, keinginan kami terpenuhi. Setelah melihat tayangan di auditorium, kini giliran kami untuk melihat proses pembuatan teh botol. Satu demi satu proses dan cara pembuatan dijelaskan dengan begitu detil dan padat. Dari mulai pencucian ulang botol, pengisian, dan inkubasi dilakukan dengan steril, sehingga isi produk kemasan Sosro terjamin.

Ada salah satu hal menarik seputar pengolahan limbah pabrik Sosro ini. Limbah yang dihasilkan dari pabrik Sosro akan diolah di kolam aerasi, dan endapan dari limbah tersebut dapat digunakan sebagai pupuk kompos. Dan yang paling membuat kita tercengang, ikan dapat hidup dalam air limbah yang sudah diolah tersebut. Hal itu menunjukkan pengolahan limbah yang begitu bagus dalam pabrik Sosro ini, tentunya dapat menambah pengetahuan kami sebagai sekolah yang berbudaya lingkungan.

Usai mengelilingi pabrik, tentunya banyak sekali pertanyaan yang ada di benak para siswa. Akhirnya sesi tanya jawab pun dibuka. Pertanyaan-pertanyaan kritis dari kami dan perwakilan sekolah lain membuat suasana semakin tegang, apalagi salah satu perwakilan kami, Regar, menanyakan hal-hal detil terkait proses pengolahan limbah yang ada di pabrik Sosro, dan Ferry yang bertanya terkait botol yang tidak pecah selama proses pengisian dan sterilisasi.

Pertanyaan demi pertanyaan akhirnya telah terjawab dengan sempurna. Akhirnya rombongan kami bertolak pulang menuju Jombang dengan selamat dan tentunya membawa pengetahuan dan pengalaman yang tidak terlupakan.

0 komentar:

Posting Komentar

_

Pages