Label:

Padang Rembulan ke-8 Jatim : Kebetulan Atau Disengaja?


Padang rembulan merupakan event tahunan yang diadakan olah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan diselenggarakan di kota berbeda yang memiliki potensi seni yang berkembang setiap tahunnya. Dan kebetulah tahun ini, SMAGA kita tercinta dipilih sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan event akbar ke-8 ini. Kenapa SMAGA kita yang dipilih?


Yap, menurut Bapak Budiono sebagai Waka. Kurikulum SMAGA, sekolah kita ini dipilih karena memiliki tempat yang strategis, lapangan yang luas dan rindang, serta dikenal dengan Teaternya yang berprestasi. Bukan merupakan permintaan yang bisa diterima atau ditolak, menurut beliau, terpilihnya SMAGA merupakan tugas dari Dinas Pendidikan Jombang yang diberikan kepada sekolah untuk dilaksakan semaksimal dan sebaik mungkin. Maka diantara sekolah-sekolah di Jombang, SMAGA-lah yang lebih memenuhi persyaratan untuk diadakannya event ini.

Dibalik persiapan para panitia yang beranggotakan pengurus OSIS dan anggota teater, pemutusan tanggal 18 September 2012 bukan merupakan rencana awal diadakannya Padang Rembulan. Semula, Padang Rembulan ini akan diadakan pada bulan Oktober nanti, namun karna alasan tertentu, di majukan menjadi tanggal 8 September dan bertempat di Alun-alun Jombang. Mendekati tanggal tersebut, mendadak pelatih Teater SMAGA di utus menghadap Dinas Pendidikan Jombang untuk membicarakan hal tersebut. Pembicaraan tersebut menyangkut tawaran Dinas Pendidikan Jombang untuk menjadikan SMAGA sebagai tuan rumah Padang Rembulan tahun ini. Dengan waktu menjelang hari-H yang sangat minim, Bpk. Agus Tri sebagai pelatih pun keberatan dengan tawaran tersebut. Akhirnya Dinas Pendidikan Jatim memutuskan Padang Rembulan diadakan tepat tanggal 18 September 2012.

Mungkin ada yang menganggap waktu pelaksanaan event ini kebetulan atau memang disengaja oleh pihak sekolah karena waktunya mendekati puncak acara HUT SMAGA yang ke-21, tepatnya 12 jam sebelum Final Party berlangsung. Setelah kami bertanya pada Bpk. Budiono, beliau memberi penjelasan bahwa sebenarnya acara puncak HUT SMAGA digelar pada tanggal 22 September 2012, namun karena khawatir akan energi berlipat yang akan dikerahkan untuk dua acara akbar itu terkuras lebih, maka acara puncak HUT SMAGA di majukan dan menjadi tanggal 19 September 2012, tepat setelah acara Padang Rembulan selesai. Bagaimana menurut kalian, apa ini sebuah kebutulan atau memang disengaja?

Mengenai tata panggung, dekorasi, lighting dan komponen-komponen yang ada pada saat Padang Rembulan, seluruhnya disiapkan oleh Dinas Pendidikan Jatim sebagai penyelenggara. Namun bisa disaksikan pada esok harinya, panggung yang digunakan untuk acara puncak sama dengan panggung yang digunakan Padang Rembulan pada malam harinya. Karenanya, biaya untuk panggung pun di tanggung oleh dua pihak, pihak Padang Rembulan dan pihak sekolah sendiri.

Dibalik persiapan yang singkat tersebut, Tim Teater SMAGA berhasil memukau hadirin yang datang dan menyaksikan acara pagelaran seni tahunan tersebut dengan akting cerita “Kumlebate Gendera” yang mengagumkan. Menurut Rusmini, sebagai pemeran utama, kendala yang paling berpengaruh saat itu adalah clip-on yang dikenakan pemain sering terjadi masalah.

Adapun rangkaian acara Padang Rembulan diawali dengan penampilan beberapa band yang anggotanya merupakan kolaborasi dari berbagai SMA/SMK di Jombang. Dilanjutkan oleh tari kreasi yang ditampilkan oleh Sanggar Tari “Lung Ayu”. Kemudian dibukalah acara padang rembulan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Bupati Jombang, Bpk. Widjono disambung dengan musik kentongan oleh tim Teater SMAGA. Penampilan Pantonim dari SMA Darussalam memeriahkan acara Padang Rembulan selanjutnya. Dan terakhir, ditutup dengan penampilan gemilang nan menghibur yang disuguhkan oleh Tim Teater SMAGA sekaligus melengkapi acara pada malam itu.-HA

0 komentar:

Posting Komentar

_

Pages